Total Tayangan Halaman

Sabtu, 17 November 2012

Analisis Urutan Prioritas Perbaikan Setiap Elemen Quality Function Deployment ( QFD ) jasa EMS di wilayah PT. POS BANDUNG RAYA




 Diringkas dari Hasil Penelitian:
“PENGARUH KINERJA KUALITAS PELAYANAN (Service Quality) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Customer Loyalty) EXPRESS MAIL SERVICE (EMS)  DI WILAYAH  PT. POS BANDUNG RAYA“
(Dengan Pendekatan QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT / QFD)

(Publikasi pada : COMPETITIVE, Vol.4. No.1, Maret 2008. ISSN : 0216-2539)




   Untuk menjawab tujuan penelitian keempat pada Bab I terdahulu digunakan analisis deskriptif menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) melalui matriks House of Quality (HoQ) untuk mengetahui elemen-elemen apa dari masing-masing dimensi kualitas pelayanan yang dipentingkan oleh pengguna jasa EMS di wilayah pos Bandung raya dan urutan prioritas perbaikan kualitas yang diperlukan.
Proses QFD meliputi pembentukan matriks-matriks yang juga biasa disebut sebagai tabel kualitas yang terdiri dari empat fase (Daetz, 1995 : 18) yaitu :
1. Perencanaan Produk (Product Planning), meliputi proses penerjemahan karakteristik kualitas yang menjadi keinginan konsumen menjadi karakteristik teknis perusahaan.
2. Perencanaan desain (Design Planning), meliputi proses penerjemahan dan pengembangan karakteristik teknis perusahaan yang dihasilkan pada fase perencanaan produk menjadi lebih detail dan membentuk karakteristik kualitas per bagian.
3. Perencanaan Proses (Process Planning), meliputi proses penerjemahan karakteristik kualitas pada tiap bagian yang dihasilkan pada fase perencanaan desain untuk menentukan karakteristik proses masing-masing.
4. Perencanaan Produksi (Production Planning), meliputi proses pembentukan hubungan dan keselarasan antara karakteristik proses yang dihasilkan pada fase perencanaan proses dengan karakteristik keinginan bagian produksi.
Dalam penelitian ini, tahapan proses analisis menggunakan QFD hanya terbatas pada fase pertama, yaitu pembentukan perencanaan produk (Product Planning). Tahapan proses analisis menggunakan QFD melalui pembentukan matriks House of Quality (HoQ) sebagaimana digambarkan dalam flowchat berikut : …… (baca_selengkapnya),                         

hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si  (Penulis Buku, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis)
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP.08122353284
------------------------------------------------
Pendekatan QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) . . . Pendekatan QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) . . . Pendekatan QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar