(Dengan Pendekatan QUALITY FUNCTION
DEPLOYMENT/QFD)
Oleh : Kanaidi, SE., M.Si
(Publikasi pada : COMPETITIVE,
Vol.4. No.1, Maret 2008. ISSN : 0216-2539)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kinerja kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap loyalitas
pengguna jasa Express Mail Service. Penelitian ini dilakukan terhadap 120
pengguna jasa Express Mail Service (EMS) di Wilayah Pos Bandung Raya sebagai
sampel penelitian.
Data primer didapat melalui
observasi, wawancara, dan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya telah
diuji terlebih dahulu.
Data yang didapat dianalisis secara
deskriptif menggunakan metode analisis kesenjangan (Gap Analysis) antara
kinerja kualitas pelayanan yang dirasakan dengan yang diharapkan pengguna jasa
Express Mail Service (EMS), analisis loyalitas pengguna jasa Express Mail
Service (EMS) untuk mendapatkan tingkat loyalitas pelanggan, dan analisis
urutan prioritas perbaikan dengan pendekatan Quality Function Deployment
(QFD), serta analisis verifikatif dengan menggunakan metode analisis jalur (path
analysis) untuk menilai pengaruh kinerja kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pengguna jasa Express Mail Service (EMS) PT Pos Indonesia.
Hasil analisis jalur (path
analysis) menunjukkan dimensi kualitas pelayanan mempunyai pengaruh
signifikan, baik secara simultan maupun secara parsial, terhadap loyalitas
pengguna jasa Express Mail Service (EMS) PT Pos Indonesia.
Kata kunci : kualitas
pelayanan, harapan pelanggan, dan loyalitas pelanggan ..... (baca_selengkapnya)
, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis Buku, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis)
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis Buku, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis)
kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP.08122353284
------------------------------------------------
Disamping
itu, .........MUNGKIN Anda/teman Anda BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
Jurnal “BALANCED
SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click
di http://www.ken-trust.blogspot.com/
Jurnal “Good Corporate
Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
Jurnal “Corporate Image”
… click di http://ken-image1.blogspot.com/
Jurnal “Customer Value”
… click di http://www.ken-value.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
Jurnal “Brand &
Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
Jurnal “Service Quality”
… click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
Jurnal “MARKETING &
BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
Jurnal “Personal
Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
Jurnal “Corporate
Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
Jurnal “Customer
Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar