Tahun 2008
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kualitas pelayanan yang terdiri dari tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, serta pengaruhnya terhadap
loyalitas pelanggan jasa pendidikan di Politeknik Pos Indonesia. Sampel
penelitian sebanyak 325 mahasiswa di Politeknik Pos Indonesia. Data primer
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang validitas dan
reliabilitasnya telah diuji terlebih dahulu.
Data yang didapat dianalisis dengan
metode deskriptif untuk mengukur kinerja dimensi kualitas pelayanan dan tingkat
loyalitas pelanggan, metode path analysis (analisis jalur) untuk menilai
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas mahasiswa, serta pendekatan QFD
untuk mendapatkan urut prioritas perbaikan kualitas pelayanan di Politeknik Pos
Indonesia.
Hasil analisis deskriptif
menunjukkan kinerja dimensi-dimensi kualitas pelayanan masih dalam kategori
cukup dan loyalitas mahasiswa termasuk dalam kategori cukup loyal. Hasil
pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis), secara
simultan, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa adalah
sebesar 31 %. Pengujian secara parsial, pengaruh dimensi tangibility (X1),
reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5)
terhadap loyalitas mahasiswa Politeknik Pos Indonesia (Y) dengan pengaruh masing-masing
sebesar 14%, 23%, 14%, 14%, dan 2%.
Dari hasil analisis QFD didapati
perbaikan yang perlu dilakukan dengan urut prioritas : Peningkatkan layanan
administrasi akademik & SIM ; Meningkatkan program layanan karir bagi
mahasiswa; Meningkatkan sarana pendukung kreativitas dan kegiatan organisasi
mahasiswa; Merintis Program e-Learning, e-Business, e-Commerce; Melengkapi
sarana penunjang PBM; Peningkatan kompetensi softskill dan hardskill mahasiswa;
Peningkatan kompetensi dosen melalui seminar, training, studi lanjut, dan
pencangkokan; Evaluasi krikulum jurusan; Pembuatan buku ajar, artikel, dan
modul bagi dosen; dan Peningkatan penelitian bagi para dosen. …… (baca_selengkapnya),
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi
:
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis
Buku, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Marketing Management, Praktisi
Bisnis)
e-mail :kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
e-mail :kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
---------------------------
Disamping
itu, .........MUNGKIN Anda/teman Anda
BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
·
Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click
di http://ken-keuangan.blogspot.com/
·
Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di
http://ken-msdm.blogspot.com/
·
Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click
di http://www.ken-trust.blogspot.com/
·
Jurnal “Good Corporate Governance
(GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
·
Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
·
Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
·
Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
·
Jurnal “Customer Loyalty” … click di
http://ken-loyalty.blogspot.com/
·
Jurnal “Brand & Merek” … click
di http://ken-merek.blogspot.com/
·
Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
·
Jurnal “MARKETING & BUSINESS” …
click di http://ken-promark.blogspot.com/
·
Jurnal “Customer Satisfaction” …
click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
·
Jurnal “Personal Selling” … click di
http://ken-selling.blogspot.com/
·
Jurnal “Corporate Culture” … click
di http://ken-culture.blogspot.com/
·
Jurnal “Customer Relationship
Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
·
Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
·
Jurnal “Kewirausahaan
(Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
·
Business Plan dan Marketing Plan…
click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
·
Artikel “Competitive Strategy” …
click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
·
Jurnal “Customer Behavior (Perilaku
Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
·
Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro
Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
·
Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click
di http://ken-iklan.blogspot.com/
·
Artikel “QFD (Quality Function
Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
·
Artikel “STP (Segmenting, Targeting,
& Positioning)” … click di http://ken-stp.blogspot.com/
·
Jurnal “PERIKLANAN
(Advertising)” … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar