Total Tayangan Halaman

Sabtu, 17 November 2012

Analisis QFD JASA EMS DI WILAYAH PT. POS BANDUNG RAYA

 Diringkas dari Hasil Penelitian:

“PENGARUH KINERJA KUALITAS PELAYANAN (Service Quality) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Customer Loyalty) EXPRESS MAIL SERVICE (EMS)  DI WILAYAH  PT. POS BANDUNG RAYA“
(Dengan Pendekatan QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT / QFD)

(Publikasi pada : Jurnal COMPETITIVE, Vol.4. No.1, Maret 2008. ISSN : 0216-2539)


Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas dalam Bab terdahulu, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
  1. Hasil analisis deskriptif kinerja kualitas pelayanan jasa EMS yang diberikan oleh PT Pos Indonesia (Persero) masih dalam kategori cukup. Dari lima dimensi kualitas pelayanan yang paling kecil kinerjanya adalah responsiveness (daya tanggap) petugas EMS, khususnya pada indikator . . . . . . (baca_selengkapnya).
  2. Hasil pengukuran deskriptif loyalitas pengguna jasa EMS diketahui bahwa pengguna jasa EMS berada pada tingkatan loyal, dengan 92,56 % pengguna melakukan pengiriman ulang (Repeat Customers), 71,89 % diantaranya adalah pengguna yang selalu memberikan respon positif terhadap layanan jasa EMS (Clients), 31,44 % pengguna adalah Advocats yang melalui word of mouth mampu memberikan rekomendasi kepada pihak lain untuk menggunakan jasa EMS, dan 5,33 % pengguna adalah Partners yang dapat bekerjasama secara aktif dan memiliki komitmen yang kuat untuk saling mendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa EMS.
  3. Hasil pengujian analisis jalur (path analysis) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna jasa EMS dengan nilai koefisien jalur . . . . . . (baca_selengkapnya).
  4. Berdasarkan analisis deskriptif menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) didapati indikator-indikator yang dipentingkan oleh pelanggan adalah kerapihan petugas dalam melayani pelanggan dan tersedianya dengan baik fasilitas jejak lacak EMS. Setelah dilakukan penyusunan matriks keinginan pelanggan (Voice of Customer) yang konversikan dengan  kumpulan keinginan pihak perusahaan (Voice of Developer) didapat urutan prioritas utama perbaikan kualitas pelayanan jasa EMS pada . . . . . . (baca_selengkapnya).
 Saran-Saran
         Berdasarkan kesimpulan di atas dapat diajukan saran-saran sebagai berikut :
1.      Untuk meningkatkan kinerja kualitas pelayanan jasa EMS, hal yang perlu diperbaiki yaitu dimensi responsiveness (daya tanggap) petugas EMS, khususnya pada . . . . . . (baca_selengkapnya).
2.  Tingkat loyalitas pengguna jasa EMS hendaknya disosialisasikan lebih lanjut kepada . . . . . . (baca_selengkapnya).
3.    Untuk meningkatkan loyalitas pengguna jasa EMS sebaiknya dilakukan perbaikan kinerja kualitas pelayanan sesuai dengan urutan prioritas perbaikan, sebagai berikut : . . . . . . (baca_selengkapnya).
4. Dalam penelitian berikutnya disarankan sebaiknya dilakukan lagi penelitian dengan jangkauan wilayah yang lebih luas dan dalam pembentukan matriks HoQ-QFD sebaiknya juga dilakukan perbandingan dengan pesaing EMS.. ....... (baca_selengkapnya)

hubungi :

Kanaidi, SE., M.Si  (Penulis Buku, Service Quality and Motivation Trainer, Dosen Dosen Marketing Management, Praktisi Bisnis) 
HP.08122353284

------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar